Selasa, 20 Oktober 2009

CARA MENGINSTALASI

Sebetulnya sudah banyak tips dan trick dalam menginstall WINDOWS XPkedalam mesin PC Desktop Acer Aspire M1641 di internet. Namun untuk mempermudah saya dalam mengingat-ingat dan menemukan catatan ini akan lebih baik jika saya tulis saja sendiri kedalam blog saya. Sehingga jika ada teman yang menanyakan cara downgrade ataupun instal WINDOWS di PC Desktop/Laptop yang sekarang ini hanya support WINDOWS vista, tidak akan capek memberikan tutorial kepada mereka, cukup masuk kedalam blog saya.

Pc Desktop maupun laptop yang keluaran baru pada umumnya compatible dan terinstall operating system vista, namun kadang karena resources yang cekak -misal memory yang cuman 1Gb- membuat kinerja komputer menjadi lemot untuk menjalankan operating system vista ini. Maka kebanyakan para user mencoba untuk mendowngrade system yang sudah terinstal dengan vista tersebut atau install ulang dengan operating system yang lebih sedikit dalam menggunakan resources komputer selain mereka yang tidak familiar dengan interface vista. Kesulitan yang dihadapi dalam menginstal kedalam mesin komputer model baru adalah hard drive controllersnya tidak support beberapa hal seperti : PC keluaran baru tidak memiliki floppy disk drive, hard drive di pc baru berbasis sata yang mana untuk dapat membaca harus menjalankan driver sata-nya dahulu dan drivernya sendiri ada di cd driver bawaan. Sehingga pada saat INSTALASI WINDOWS akan muncul blue screen karena tidak menemukan hard drivenya.

LANGKAH-LANGKAH MENGINSTALASI WINDOWS XP:

Karena saya sering berhadapan dan menemui pc desktop keluaran Acer Aspire M1641, maka saya akan menunjukan kepada anda bagaimana menginstal WINDOWS XP prof. SP2 kedalam mesin ini. Persiapan yang perlu dilakukan adalah :

  1. Siapkan driver-driver yang diperlukan Acer Aspire M1641 (dapat ditemukan dalam CD Drivernya yang berisi u/ WINDOWS vista dan XP) jika kesulitan mendapatkannya dapat mendownload dari website resmi acer disini atau anda dapat mendownload Sataraid driver disini untuk lan controler anda juga dapat mendownload Lan controler disini. Ekstrak terlebih dahulu driver tersebut dan copykan/simpan di media penyimpanan seperti usb flashdisk atau mmc.
  2. Siapkan CD Master WINDOWS XP prof SP2
  3. Download juga program dengan nama nlite yang berguna jika anda mau menginstal atau menggabungkan driver sata tersebut diatas kedalam satu cd master WINDOWS XP prof SP2. Program nlite dapat anda temukan disini atau nLite-1.4.9.1 setelah itu install program nLite kedalam komputer lain yang nanti akan digunakan menggabung Master program Windows XP Prof SP2dengan driver sata.

Setelah persiapan tools diatas siap, maka LANGKAH selanjutnya ada INSTALASI. Ada dua cara yang dapat anda lakukan dalam menginstal WINDOWS XP kedalam mesin pc acer aspire M1641, langkah pertama dengan menggunakan mmc :

  1. Gunakan MMC yang telah anda copykan atau isikan file-file driver sata yang sudah anda download diatas. Mmc ini adalah digunakan sebagai pengganti floppy drive di pc acer aspire m1641 anda yang mana tidak memiliki floppy drive. Masukan mmc ini kedalam card reader yang ada pada acer aspire m1641.
  2. Masukan CD Master WINDOWS XP Prof SP2 kedalam CD/DVD Rom PC Acer Aspire M1641 dan boot ulang dan arahkan booting defaultnya ke CD/DVD tersebut. Biasanya dengan menekan tombol F12 pada saat booting awal.
  3. Tekan Enter untuk mulai instalasi dari CD/DVD Rom.
  4. Tekan F6 pada halaman pertama yang muncul saat instalasi Windows XPuntuk menentukan lokasi driver sata. Arahkan ke mmc dan pilih semua driver kemudian tekan enter u/ mulai instalasi selanjutnya.
  5. Kemudian akan menanyakan lokasi driver sata berada, tekan tombol ‘S’ untuk specify lokasi dan tekan Enter untuk melanjutkan instalasi.
  6. Sampai disini proses instalasi Windows XP berjalan seperti biasa, dan seharusnya tidak akan menemukan blue screen.

Untuk langkah kedua dengan menggunakan program nLite,

  1. Disini anda harus menggunakan pc lain sebagai alat bantu. Install nLite terlebih dahulu pada pc lain
  2. Masukan CD Master installer WINDOWS XPProf SP2 kedalam CD/DVD Rom pc lain yang sudah terinstal nLite
  3. Jalankan nLite dengan langkah sebagai berikut
  4. Tekan Next untuk memulainya nLite-1
  5. Pilih lokasi dimana CD Master Installer Win XP berada lalu pilih dimana lokasi tempat penyimpanan sementara file master tersebut ke dalam hard drive dikomputer. Sebaiknya simpan dalam folder tersendiri. nLite-2a nLite-2
  6. Setelah selesai, tekan Next untuk masuk ke LANGKAH import lewati LANGKAH ini tekan Next lagi untuk seting parameter. Klik “Drivers” pada kotak Integrate dan klik “Bootable ISO” pada kotak Create nLite-3 lalu klik Next
  7. Pada jendela Driver Integrate, anda klik Insert dan pilih yang Multiple Driver Folder lalu cari dimana anda menyimpan driver sata tadi pilih All dan klik OK setelah itu semua driver yang ada akan terintegrasi jangan lupa pilih Texmode Driver lalu tekan Next nLite-5 untuk proses penggabungan
  8. LANGKAH selanjutnya adalah menentukan apakah anda akan create image file yang nanti bisa di burn di cd kosong atau langsung burn di cd kosong. Jika di burn langsung maka siapkanlah cd R yang kosong di CD/DVD Writter PC anda lalu pilih Direct Burn nLite-7 nLite-7a lalu klik Burn dan tunggu sampai selesai burning cd master WINDOWS XP yang sudah kita integrate dengan driver sata. nLite-8 lalu tekan Next dan Woyla! we have new CD Master Installer WINDOWSXP Prof SP2with integrating Sata Driver for Acer Aspire M1641.
  9. Gunakan cd master baru ini untuk proses instal WINDOWS XP prof SP2 di pc Acer Aspire M1641 anda.
Demikian sedikit tutorial mengenai “Bagaimana menginstal WINDOWS XP Prof SP2 kedalam PC Desktop Acer Aspire M1641″ yang pada dasarnya adalah compatible dengan Vista. Semoga tutorial ini bermanfaat bagi teman-teman semua, akhir kata “Tak ada gading yang tak retak” jika ada salah kata dan urutan yang membinggunkan silahkan diresapi sendiri.

1 komentar: